Selasa, 21 Mei 2013

IPO PT. Sri Rejeki Isman (SRITEX)





A.    PROFIL SRITEX

SRITEX merupakan perusahaan textile dengan konsep manufakturing yang terintegrasi dalam satu kawasan serta terbesar di kawasan Asia Tenggara. SRITEX lahir dari dedikasi seorang HM Lukminto dan keluarga yang membangun dengan kerja keras, ketekunan, track record management yang sangat excellent serta dari awal di’visi’kan menjadi perusahaan besar.

Didukung divisi Penelitian dan Pengembangan, Sritex memenuhi setiap kebutuhan spesifik pelanggan dengan kemampuannya untuk menciptakan beragam jenis dan spesifikasi kain dari berbagai bahan dan model rajutan. Contoh kecil dari kesuksesan Divisi Penelitian dan Pengembangan Sritex diantaranya adalah diciptakanya beragam aplikasi tambahan untuk kain yang berupa anti air, anti serangga, tahan api, bebas noda, anti infra-red, bobot ringan, dan berpori-pori yang bisa digunakan untuk berbagai tipe bahan.
SRITEX merupakan perusahaan textile dengan konsep manufakturing yang terintegrasi dalam satu kawasan serta terbesar di kawasan Asia Tenggara. SRITEX lahir dari dedikasi seorang HM Lukminto dan keluarga yang membangun dengan kerja keras, ketekunan, track record management yang sangat excellent serta dari awal di’visi’kan menjadi perusahaan besar.

Untuk menjaga kualitas produk, Sritex menerapkan sistem kontrol kualitas AQL 2,5 yang dengan ketat memonitor semua aktifitas produksi dari proses inspeksi kain sampai penjahitan garmen. Hal ini terus ditingkatkan dengan sistem kontrol kualitas mandiri yang dilakukan sebelum inspeksi final yang dilakukan oleh pelanggan. Produk-produk berkualitas tinggi dan pengiriman tepat waktu telah melampaui ekspetasi dari berbagai klien yang terus bertambah. Pembuktian Sritex memiliki tradisi kualitas yang kuat dengan diakuinya kualitas Sritex secara dunia dengan Sertifikat Registered Supplier Bundeswehr (Angkatan darat Jerman) dan Sertifikat NATO dimana keduanya standar kualitas tertinggi untuk manufacturing garmen untuk militer. Dalam skala nasional Sritex mendapatkan beberapa perhargaan salah satunya Rekor Muri.

 B.    KEUNGGULAN SRITEX
 Sritex merupakan salah satu pilihan investasi (saham IPO) yang memiliki potensi pertumbuhan bisnis yang kuat.

Hasil company visit di SRITEX, banyak hal yang dapat diambil kesimpulan terkait prospek SRITEX sebagai salah satu pilihan investasi:

  • SRITEX memproduksi textile & garmen dalam segmen khusus (Army & Institutional Uniform) dan customer middle up untuk produk garmen, sehingga kualitas produk merupakan penekanan utama SRITEX. Secara bisnis SRITEX terdifferensiasi sebagai perusahaan textile yang fokus pada kualitas, dan tradisi ini mampu dijaga oleh SRITEX selama 3 dekade terakhir. Dengan sendiri SRITEX memiliki ‘core competence’ yang sulit ditiru oleh pada pesaing.
  • Dengan ragam bahan kain dan kemampuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, Sritex mampu menembus industri mode internasional dan melayani klien-klien terkenal seperti JC Penny, Sears, Wal-Mart, Timberland, GUESS, Quicksilver, Gymboree, Charles Vogele, Okaidi, Zara, dll
  • Model bisnis yang dikembangkan SRITEX telah menempatkan business positioning yang kuat dengan kemampuan bersaing baik dalam sisi kualitas maupun harga (kemampuan produksi yang terintegrasi).
  • SRITEX adalah perusahaan ‘hebat’ dalam kualitas dengan ‘corporate culture’ yang kuat.
  • Rencana ekspansi untuk skala produksi garmen dan spining diharapkan mampu mendorong SRITEX membuat lompatan dalam penjualan (revenue enhancement).
  • Visi masa depan untuk membangun branding yang kuat dengan ekspansi pasar khususnya produk garment melalui rencana akuisisi beberapa brand dan membuat beberapa gerai (show room).
  • Jaringan yang kuat secara global dengan beberapa brading global menjadikan positioning SRITEX semakin menarik secara bisnis.
  • SRITEX pada masa sekarang hadir dalam industri textile yang mulai kembali ‘growth’ di Indonesia dengan berbagai kajian prespektif industri yang sudah ‘mature’ dan ekonomis dalam skala nasional dan regional.
  • Beberapa keunggulan lainnya.

Namun demikian beberapa hal menjadi perhatian kami, khususnya faktor risiko yang melekat pada SRITEX:
  • Keterbatasan supply raw material untuk spining, kami setuju dengan opsi Manajemen SRITEX untuk melakukan import raw material, agar supply dapat mendukung rencana ekspansi.
  • Kami memahami permasalahan fundamental setiap perusahaan adalah mengelola ‘asset intangible’ khusus labor. Komposisi lebih dari 70% labor adalah perempuan menjadi perhatian karena berdasarkan informasi Manajemen bahwa turn over labor rata-rata 5% per-tahun. Usaha Manajemen yang luar biasa menjadikan kami percaya bahwa SRITEX mampu mengatasi permasalahan ini.
  • Aspek GCG pada SRITEX menjadi perhatian kami, walaupun HM Lukminto dan Keluarga dalam mengelola SRITEX memiliki track record yang sangat excellent dengan ‘Manajemen Chen Li’ (baca: manajemen yang berkeadilan) namun aspek GCG menjadi lebih ‘clear’ dari awal. Belajar dari beberapa perusahan keluarga selalu bermasalah dengan GCG.
  C.     VALUASI HARGA

Berdasarkan prospektus  SRITEX, kami melakukan komporasi di lapangan dan mendapatkan informasi langsung dari Manajemen SRITEX dan kami melihat forecast dan valuasi BAHANA cukup ‘conservative’ dan prospek bisnis SRITEX dapat digambarkan secara rasional.

Valuasi terhadap rencana IPO SRITEX pada P.E. 12x - 14x dengan harga Rp. 230 s.d. Rp. 385 masih tergolong murah. Namun yang terpenting adalah komitmen Manajemen Sritex serta prospek pertumbuhan Sritex pada masa akan datang menjadikan perusahaan ini menjadi sangat atraktif dan menarik menjadi salah satu portofolio saham.

1 komentar:

Bisnis.com News