Senin, 25 Februari 2013

Alam Sutera Realty (ASRI)– Downgrade to HOLD Price: Rp930 – Target Price: Rp920


PT Samuel Sekuritas Indonesia
(: (6221) 2854-8376

Euphoria has limit

Kami memfaktorkan akuisisi 150ha lahan baru dari Modernland yang meningkatkan valuasi NAV kami 37% ke Rp1,317/share, sekaligus memperpanjang umur pengembangan di Serpong hingga 8 tahun kedepan. Namun kami menurunkan rekomendasi menjadi HOLD melihat kecilnya potential upside, terutama karena kenaikan harga saham ASRI 55%Ytd, yang juga mendorong valuasi PE ke +2 standar deviasi, level yang juga dicapai ASRI pada rally awal tahun 2012 sebelum terkoreksi signifikan. Target harga kami Rp920/saham, mencerminkan 30% discount dari NAV  dan '13E PE 13.3x, serta menawarkan potential upside -0.1%. Downgrade to HOLD.

Extending landbank life. Manajemen ASRI berhasil menjawab kecemasan pasar mengenai keterbatasan landbank di Serpong dan belum matangnya pengembangan di Pasar Kemis (lihat laporan kami 7 Sept 2012, "Race Against Landbank Depletion") dengan keberhasilannya mengakuisisi 150ha lahan milik Modernland akan memperpanjang pengembangan di Serpong hingga 8 tahun kedepan.
Don't treat it equally. Meski kami menyukai keputusan ASRI  terkait akuisisi lahan Modernland, kami melihat lahan tersebut patut dinilai discount dibandingkan lahan di Serpong Selatan karena tidak adanya akses tol langsung. Realisasi rencana perseroan untuk membangun flyover yang menghubungkan kedua proyek dan penyelesaian tol Cengkareng-Kunciran akan menjadi katalis utama peningkatan harga tanah di Serpong Utara.
Valuation is our main concern. Menyusul akuisisi lahan Modernland dan 2 office tower, saham ASRI naik 55% Ytd sekaligus mendorong valuasi PE ke 2x standard deviasi, level yang juga pernah dicapai ASRI pada rally awal tahun 2012 akibat euforia pasar menanggapi pencapaian marketing sales 2011 yang tumbuh 75% YoY, sebelum terkoreksi signifikan di pertengahan tahun 2012.

Downgrade to HOLD, new target price at Rp920/share. Memfaktorkan akuisisi lahan Modernland, kami sampai pada NAV baru di level Rp1,317/saham. Kami melihat ASRI patut diperdagangkan pada level PE yang lebih tinggi dari sebelumnya setelah terjawabnya masalah keterbatasan landbank. Namun jika dibandingkan dengan peersnya, kami menilai ASRI masih patut diperdagangkan discount karena kecilnya porsi recurring revenue dan profil pembeli properti ASRI yang didominasi investor. Downgrade ASRI menjadi HOLD dengan target Rp920/saham (30% discount to NAV), mentranslasikan '13PE 13.3x dan upside -0.1%. Downgrade to HOLD.

0 komentar:

Posting Komentar

Bisnis.com News